Program Pascasarjana Universitas Pakuan

Visi

Program Pascasarjana Universitas Pakuan diselenggarakan dan dikembangkan dengan mengacu pada visi:

“Sebagai Pusat pengembangan ilmu dan sumber daya manusia yang berkualitas, tangguh dan bermartabat”.

Berkualitas, dimaknai penyelenggaraan pendidikan pada tiap program studi memiliki kualitas yang tinggi berdasarkan penilaian sistem penjaminan mutu internal berdasarkan skala nilai AIMA (Audit Internal Mutu Akademik Universitas Pakuan) dan eksternal melalui BAN-PT dan ISO 9001:2008. Tangguh, berarti Program Pascasarjana Universitas Pakuan memperoleh kepercayaan yang tinggi dan diminati masyarakat (pelanggan), melakukan pengelolaan usaha secara mandiri serta pengembangan usaha mandiri di luar dana mahasiswa. Bermartabat, artinya Program Pascasarjana Universitas Pakuan mendapat penilaian yang baik dari pelanggan, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat serta pengembangan ikatan alumni yang kuat.

Misi

Program Pascasarjana Universitas Pakuan menyelenggarakan aktivitasnya dengan mengacu pada misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran dalam suasana akademik yang edukatif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, mencerminkan masyarakat pendidikan yang berkualitas, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas melalui sistem pembinaan bimbingan dan pelatihan secara intensif.
  • Menciptakan suasana akademik yang memungkinkan berkembangnya Kejujuran, Integritas dan Harmoni.
  • Menyelenggarakan  penelitian dan pengembangan ilmu yang berorientasi pada publikasi lmiah.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Melakukan kerjasama dengan institusi lain di dalam dan di luarnegeri untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Tujuan

Mengacu pada visi dan misi, maka Program Pascasarjana Universitas Pakuan memiliki tujuan:

  • Menghasilkan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  • Menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal skala lokal, regional, nasional atau internasional.
  • Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan aplikasi dari hasil-hasil penelitian.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuanuntuk melaksanakan secara konsisten dan mengembangkan ilmu melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam meneliti yang dapat dipublikasikan sebagai sumbangsih pemikiran dan gagasan baru dalamlingkup nasional maupun internasional.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kepakaran dalam berbagai bidang Ilmu baik, secara teoritis maupun praktik yang dapat diaplikasikan dalam mengembangkan organisasi.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kerja sama tim dalam menyelanggarakan berbagai kegiatan ilmiah dan kemasyarakatan.

"Leading with spirit of continual improvement"

Program Pascasarjana Universitas Pakuan Pakuan (PPs Unpak) berdiri sejak tahun 2000. Saat ini mengelola 5 (lima) Program Magister yaitu Administrasi Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum,  Manajemen dan Pendidikan IPA, serta satu Program Doktor Manajemen Pendidikan. Upaya Mengedepankan kualitas baik input, proses, maupun output merupakan tekad PPs Unpak untuk menghasilkan lulusan berkualitas. Dalam usianya yang 15 tahun seluruh Program di PPs Unpak telah terakreditasi dan telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

Sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan sebagai sarana komunikasi semua Program Studi telah memiliki jurnal online. Layanan terbaik kepada mahasiswa adalah kunci keberhasilan PPs unpak, sehingga ruang kuliah modern, fasilitas internet, pustaka yang lengkap,  dosen berkualitas, layanan administrasi yang cepat dapat dinikmati oleh mahasiswa. Dengan komitmen pimpinan terhadap penjaminan mutu yang kuat, sumber daya yang kompeten dan manajemen  modern, PPs Unpak bertekad untuk menjadi salah satu motor penggerak  pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Layanan Prima, pijakan operasional organisasi

Layanan prima kepada mahasiswa merupakan faktor strategis yang senantiasa selalu diperbaiki dan ditingkatkan. Layanan bagi mahasiswa dimulai saat  pendaftaran, kuliah hingga menyelesaikan perkuliahan.

Diawali dengan upaya mempermudah masyarakat mendapatkan informasi valid tentang PPs Unpak, berbagai media telah dimanfaatkan oleh PPs Unpak. Melalui Jalur formal, PPs Unpak selalu memberikan laporan Evaluasi Program Studi melalui Evaluasi Diri (Epsbed) ke portal dikti di www.evaluasi.org. Melalui sistem yang dibangun pemerintah ini,  masyarakat dapat mengetahui informasi tentang PPs Unpak. Selain itu PPs Unpak memberikan informasi kepada masyarakat melalui Radio, iklan surat kabar, spanduk dan booklet. Kegiatan-kegiatan ilmiah yang diadakan oleh PPs Unpak senantiasa melibatkan masyarakat sesuai dengan jenis kegiatannya.

Agar mahasiswa dapat belajar secara optimal, PPs Unpak menyediakan fasilitas mumpuni seperti ruang kuliah modern dengan fasilitas internet. Perpustakaan elektronik yang dapat diakses oleh mahasiswa dari manapun. Ketersediaan Laboratorium dan kurikulum yang uptodate dan selalu ditinjau mengikuti dinamika kehidupan masyarakat. Penyediaan sarana pembelajaran diupayakan tepat sasaran, untuk itu mahasiswa diberikan akses sangat luas untuk berkontribusi memberikan masukan melalui wadah yang telah di set-up oleh PPs Unpak, antara lain pertemuan rutin perwakilan mahasiswa-struktural PPs Unpak, kotak saran serta forum yang tersedia di website PPs Unpak (www.pasca-unpak.ac.id).

Sistem Komunikasi antara PPs Unpak dengan mahasiswa terus dikembangkan agar kemudahan, kecepatan dan keterjangkauan serta interaktivitas terus meningkat. SMS broadcast yang telah digunakan dapat mengkomunikasikan pesan secara cepat dan interaktif. Forum di dunia maya terus didorong agar semakin ramai dikunjungi mahasiswa. Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kemahasiswaan (SIMAK), merupakan bentuk Sistem Informasi Manajemen yang telah dikembangkan oleh Universitas Pakuan. Melalui sistem ini mahasiswa dapat mengakses banyak hal terkait perkuliahan di PPs Unpak antara lain, jadwal perkuliahan, silabus, dosen pengampu, nilai mahasiswa hingga pengisian formulir Rencana Studi mahasiswa. Selain itu pola komunikasi konvensional seperti surat edaran, kotak saran dan poster tetaplah mewarnai pola komunikasi.

Program Pascasarjana ingin menjadikan kampus ini sebagai rumah kedua bagi mahasiswa, oleh karena itu layanan yang mengedepankan pola kekeluargaan tanpa mengurangi kualitas proses senantiasa diupayakan. Kegiatan Student day sebagai ajangmempererat kekeluargaan antar civitas akademika dan karyawan PPs Unpak selalu dilaksanakan dengan kualitas pelaksanaan yang meningkat. Outward bound, pertandingan olahraga, perlombaan seni serta pengabdian masyarakat bersama yang dilaksanakan oleh PPs Unpak memungkinkan pembinaan kekeluargaan antar komponen di PPs Unpak.

Sebagai upaya menggambarkan ketercapaian berbagai layanan, PPs Unpak secara rutin melakukan survey kepuasan mahasiswa. Data hasil survey digunakan sebagai pijakan dalam menetapkan kebijakan untuk program-program layanan mahasiswa berikutnya.

Mitra Strategis dan Upaya Peningkatan Efisiensi Sumber Daya

PPS Unpaksangat menyadari bahwa kerjasama dengan mitra strategis merupakan upaya cerdas mengatasi keterbatasan. Kerjasama dimaksud meliputi bidang akademik maupun nonakademik yang diarahkan pada penggalian potensi bersama atau peningkatan efisiensi. Menyadari bahwa PPs Unpak maupun mitra strategisnya  memiliki kekuatan sumber daya yang berbeda, maka kerjasama diarahkan untuk pengembangan program bersama yang unggul berdasarkan pada kekuatan sumber daya masingmasing.

Bentuk lain dari kerjasama dengan mitra strategis dilakukan dalam konteks pembinaan oleh pihak yang lebih mapan terhadap pihak yang memerlukan. Kerjasama semacam ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuahkan kemitraan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Strategi pengembangan kerjasama akademik dilakukan melalui berbagai bentuk program, antara lain pertukaran dosen dan/atau mahasiswa, pemanfaatan bersama berbagai sumberdaya dan fasilitas, penerbitan bersama karya ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan penyelenggaraan seminar bersama.

Strategi untuk mengembangkan kerjasama non-akademik sebagaimana dimaksud di atas antara lain dalam hal rekrutmen mahasiswa, pendayagunaan aset, dan usaha penggalangan dana.

Mitra strategis Program Pascasarjana Unpak antara lain Central China Normal University (CCNU), Universitas Gadjah Mada (UGM), Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom), Southeast Asian Ministers of Education Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Membentuk SDM Kompeten dan Mengembangkan Ilmu Pengetahuan

Perguruan Tinggi selain merupakan  ujung tombak dalam membentuk sumberdaya manusia yang kompeten dalam bidangnya, juga merupakan garda terdepan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Kurikulum sebagai cetak biru pembentukan kompetensi lulusan merupakan komponen strategis yang selalu diupdate secara periodik. Untuk menjamin relevansi dengan kebutuhan pasar, peninjauan kurikulum dilakukan melibatkan stakeholder serta para ahli dibidangnya. Kurikulum yang uptodate dan implementasi kurikulum yang menggunakan manajemen modern dan sistem penjaminan mutu akan melahirkan magister dan doktor yang kompeten dalam bidangnya.

Program Pascasasrjana melalui penelitian dosen, mahasiswa maupun penelitian bersama dosen mahasiswa secara konsisten berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidangnya. Informasi terkait dengan hasil-hasil penelitian, selain dideseminasikan di kalangan civitas akademika Program Pascasarjana, juga dikomunikasikan kepada publik. Bentuk komunikasi publik berupa jurnal online (Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup online, Jurnal Manajemen Pendidikan, Jurnal Magma serta jurnal Ilmu Hukum) serta jurnal cetak. Upaya menjaga originalitas karya ilmiah dilakukan secara elektronik dengan software khusus. Sehingga jurnal yang telah dicetak ataupun diunggah merupakan karya ilmiah yang originalitasnya dapat dipertanggungjawabkan

Sistem Penjaminan Mutu

Program Pascasarjana telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu. Secara Internal Program Pascarjana telah menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Dengan sistem penjaminan mutu tersebut lulusan Program Pascasarjana diharapkan memiliki kompetensi yang sesuai dengasn kebutuhan dunia kerja.

Penjaminan mutu secara Eksternal dilakukan melalui akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini seluruh Program Studi Magister (S2) dan Program Doktor (S3) telah terakreditasi.

Selain itu agar sistem manajemen yang dilaksanakan di Program Pascasarjana sesuai dengan manajemen modern yang efektif dan efisien, Program Pascasarjana menerapkan manajemen mutu ISO 9001:2008 yang telah disertifikasi oleh NQA pada 03 Mei 2011,

 
bottom logo

February 2017
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 1 2 3 4

Agenda 

No events

Multi Studio