Ketua Program Studi: Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.
Sekretaris Program Studi: Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M.Si.
Terakreditas B, SK. No. 2120/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2016
VISI:

Pada tahun 2020 Prodi Magister Pendidikan IPA menjadi prodi terkemuka di tingkat regionaldalam menghasilkan sumberdaya manusia di bidang Pendidikan IPA yang kompetitif, memiliki integritasdan bermoral tinggi.


 
MISI:
  • Memberikan kepuasan dalam layanan akademik dan administrasi bagi mahasiswa dan dosen Pendidikan IPA
  • Menyelenggarakan proses pendidikan dalam suasana edukatif, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang luhur, serta mencerminkan masyarakat ilmiah yang terdidik untuk menghasilkan lulusan Prodi Magister Pendidikan IPA yang berkualitas.
  • Memberikan kontribusi terhadap pengembangan Pendidikan IPA melalui penelitian dan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa yang berkualitas.
  • Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud “social responsibility” berdasarkan keahlian dosen dalam bidang Pendidikan IPA dan bidang lainnya yang relevan.
  • Membangun jejaring dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional yang relevan dengan Pendidikan IPA

 

TUJUAN PENDIDIKAN:
  • Terlaksananya “excellent services” dalam bidang akademik di Prodi Pendidikan IPA
  • Dihasilkannya lulusan magister Pendidikan IPA yang berkualitas, berdaya saing, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan IPA
  • Dihasilkannya gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif berupa karya ilmiah dalam Pendidikan IPA baik dalam lingkup nasional maupun internasional, melalui penelitian dan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.
  • Terbangunnya kepekaan sosial yang tinggi dari civitas akademik prodi Pendidikan IPA.
  • Terbangunnya jejaring/kerjasama dengan berbagi pihak, baik lingkup nasional maupun internasional.
SEJARAH SINGKAT:

Program Studi Magister Pendidikan Iimu Pendidikan Alam (IPA) didirikan sebagai respons terhadap tuntutan kebutuhan masyarakat pendidikan dalam mengikuti pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi, serta adanya kebijakan pemerintah Indonesia tentang keprofesionalan guru dan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI). Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah Pembukaan Program Studi Magister Pendidikan IPA juga merupakan salah satu cara penyebarluasan produk-produk penelitian yang telah dihasilkan. Berbagai hasil penelitian baik dalam bidang IPA maupun Pendidikan IPA yang selama ini dihasilkan oleh dosen-dosen UNPAK (Dosen MIPA dan FKIP IPA/Biologi) memerlukan wahana untuk penyebarluasan. Saat ini, PPs UNPAK telah memiliki 1 Guru Besar Lingkungan dan 9 Doktor dengan spesialisasi Biologi, Fisika, Kimia, Bioteknologi dan Lingkungan.

Melalui pengembangan Program Studi Magister Pendidikan IPA PPs Unpak akan dihasilkan lulusan yang memiliki kompetensi guru master dalam bidang pendidikan IPA yang dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kualifikasi guru-guru IPA SMP, SMA dan SMK. Selain itu, juga diharapkan mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan peningkatan kualifikasi guru-guru IPA SMP, SMA, SMK dan sederajat berdasarkan subbidang IPA, yaitu guru kimia, Fisika, serta biologi.  Selain itu, pembukaan Program Studi ini, juga diharapkan dapat dimanfaatkan pula oleh para dosen, peneliti, serta praktisi/pengambil kebijakan dalam pendidikan IPA untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya.

KURIKULUM:

    SMT

MATA KULIAH

    SKS

I

     MetodologiPenelitian

3

     Asesmen Pembelajaran IPA

2

     AnalisisKurikulum IPA

2

     Kajian IPA-Fisika

3

     Pembelajaran IPA Terpadu

3

II

     Statistikadalam penelitian pendidikan

3

     Filsafat Ilmu

2

     Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa

2

     Analisis Hasil Studi Pendidikan IPA

2

Kimia Organik Fisik *)

3

Biologi Fungsi*)

3

Gelombang, Optika dan Fisika Modern*)

3

III

   PengembanganPraktikum  IPA

2

   Studi kasus Pembelajaran IPA

2

   Pembelajaran IPA Terpadu

2

   PengembanganBahan Ajar  IPA

2

    Pendidikan Lingkungan

2

   Kimia Pangan dan Obat-obatan *)

2

   Kajian Bioteknologi*)

2

   Kajian Kelistrikan dan Kemagnetan *)

2

IV

   Tesis

6

 
bottom logo

February 2017
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 1 2 3 4

Agenda 

No events

Multi Studio