1234

Pendaftaran Mahasiswa Baru 

header image left

Pendaftaran calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017! Informasi lebih lanjut: (0251) 8320 123 

Brosur 

header image right

Tidak punya waktu untuk menemukan informasi di web? Silahkan unduh brosur di bawah ini!

Unduh Brosur

thumb seminas hukum 001Istilah Abuse of power yang sering didengar dan dibaca yang rumor saat ini baik melalui media elektronik atau media cetak merupakan tindakan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan seorang pejabat untuk kepentingan tertentu, baik untuk kepentingan diri sendiri, orang lain atau korporasi. Kalau tindakan itu dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara, maka tindakan tersebut dapat dianggap sebagai tindakan korupsi.

Wewenang yang diberikan sebagai sarana untuk melaksanakan tugas, dipandang sebagai kekuasaan pribadi. Karena itu dapat dipakai untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, pejabat yang menduduki posisi penting dalam sebuah lembaga negara merasa mempunyai hak untuk menggunakan wewenang yang diperuntukkan baginya secara bebas. Makin tinggi jabatannya, makin besar kewenangannya.

Tindakan hukum terhadap orang-orang tersebut dipandang sebagai tindakan yang tidak wajar. Kondisi demikian merupakan sebuah kesesatan publik yang dapat merugikan organisasi secara menyeluruh. Dalam keadaan di mana masyarakat lemah karena miskin, buta hukum, buta administrasi, korupsi berjalan seperti angin lewat.

Pemerintah pada suatu negara merupakan salah satu unsur atau komponen dalam pembentukan negara yang baik.Terwujudnya pemerintahan yang baik adalah manakala terdapat sebuah sinergi antara swasta, rakyat dan pemerintah sebagai fasilitator, yang dilaksanakan secara transparan, partisipatif, akuntabel dan demokratis.

Mengingat peranan dan kedudukan pegawai negeri adalah aparatur negara yang juga memegang kekuasaan, maka tidaklah berlebihan bahwa dalam diri pegawai negeri terdapat potensi untuk menyalahgunakan kedudukan, kewenangan atau kekuasaannya.

Dengan latarbelakang tersebut, maka Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Pakuan melaksanakan seminar Nasional dengan Tema: Penyalahgunaan Wewenang yang Dilakukan oleh Pejabat Publik dalam Perspektif Hukum Administrasi Negara dan Hukum Pidana yang bertujuan untuk membedah tentang konsepsi hokum penyalahgunaan wewenang dalam perspektif hokum pidana dan hokum administrasi Negara, sebagai wahana desiminasi berbagai pemikiran tentang konsep penggunaan wewenang oleh penyelenggara Negara dalam kerangka penyelenggaraan system pemerintahan yang bersih yang terbebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan sebagai realisasi kerjasama antara Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Bogor dengan Program Pascasarjana Universitas Pakuan. Seminar ini dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 17 Maret 2016 bertempat di Aula Gedung Serbaguna II Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara seminar ini yaitu oleh Rektor Universitas Pakuan Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd dengan Nara sumber sebagai berikut:

  1. Ir. Agus Rahardjo, MSM., (Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi/KPK) dengan topik Penegakkan hukum terhadap penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik berkaitan dengan penerapan Pasal 3 UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  2. Dr. Supandi, SH., MH. (Hakim Agung, Mahkahmah Agung RI), dengan topik: Penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik dalam perspektif hukum administrasi Negara.
  3. Prof. Dr. H. Romli Atmasasmita, SH., LLM., dengan topik: penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik dalam perspektif hokum pidana.

Seminar ini dengan moderator R. M. Mihradi, SH., MH. Dekan Fakultas Hukum Universitas Pakuan.

Peserta seminar nasional ini dihadiri oleh kalangan mahasiswa, dosen, alumni program studi ilmu hokum, perwakilan dari Perguruan Tinggi di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, MUSPIDA Kabupaten dan Kota Bogor, Pejabat SKKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor, Camat di Kabupaten dan Kota Bogor, Kepala Desa (Kades) di Wilayah Kabupaten Bogor, Parktisi Hukum dan Masyarakat Umum.


Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Berita Terbaru 

article thumbnailSidang Terbuka Pascasarjana Universitas Pakuan Program Doktor Manajemen Pendidikan yang dipimpin oleh Ketua Sidang Dr.H. Bibin Rubini.,M.Pd besama para guru besar sebagai penguji.Sidang Terbuka Program Doktor Manajemen Pendidikan meluluskan Dian...
article thumbnailPerkembangan IPA dan Teknologi dalam kehidupan masyarakat semakin tak terbendung oleh kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Dalam keseharian memang tidak banyak peserta didik yang menyukai pembelajaran IPA, karena dianggap sukar. Acara...
article thumbnail Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi dan mendorong dalam upaya-upaya pembaharuan segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan hendaknya...
article thumbnailPengembangan pariwisata berbasis alam dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal atau yang kita kenal istilah "ecotourism", kini mulai banyak dilirik berbagai daerah untuk menggaet kunjungan wisatawan, khususnya wisata dari mancanegara. Tidak...
More inKategori Berita  
 
bottom logo

Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S.

Direktur

Dr. H. Eka Suhardi, M.Si.

Wakil Direktur Bid. Akademik

Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd.

Wakil Direktur Bid. Administrasi Umum

Prof. Dr. Soewarto Hardhienata

Ka. Prodi. Manajemen Pendidikan

Dr. Sumardi, M.Pd.

Ka. Prodi. Administrasi Pendidikan

Dr. Yossa Istiadi, M.Si.

Caretaker Prodi. PKLH

Dr. A.Muhamad Asrun, SH., MH.

Ka. Prodi. Ilmu Hukum

Dr. Hari Gursida, SE., MM., Ak.

Ka. Prodi. Manajemen

Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.

Ka. Prodi. Pendidikan IPA

Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S. Dr. H. Eka Suhardi, M.Si. Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd. Prof. Dr. Soewarto Hardhienata Dr. Sumardi, M.Pd. Dr. Yossa Istiadi, M.Si. Dr. A.Muhamad Asrun, SH., MH. Dr. Hari Gursida, SE., MM., Ak. Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.
March 2017
S M T W T F S
26 27 28 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Agenda 

No events

Multi Studio