1234

Pendaftaran Mahasiswa Baru 

header image left

Pendaftaran calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017! Informasi lebih lanjut: (0251) 8320 123 

Brosur 

header image right

Tidak punya waktu untuk menemukan informasi di web? Silahkan unduh brosur di bawah ini!

Unduh Brosur

thumb pkm ipa 01 Menyongsong pemberlakuan kurikulum Nasional semakin mempertegas peran Pendidikan Nasional. Sebagai salah satu sektor pembangunan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Makna manusia yang berkualitas, menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendidikan nasional harus berfungsi secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter. Hal itu juga dijadikan acuan dalam pembelajaran IPA.

Pembelajaran IPA yang didasarkan pada standar isi akan membentuk siswa yang memiliki bekal ilmu pengetahuan (have a body of knowledge), standar proses akan membentuk siswa yang memiliki keterampilan ilmiah (scientific skills), keterampilan berpikir (thinking skills) dan strategi berpikir (strategy of thinking); standar inkuiri ilmiah akan membentuk siswa yang mampu berpikir kritis dan kreatif (critical and creative thinking); standar asesmen mengevaluasi siswa secara manusiawi artinya sesuai apa yang dialami siswa dalam pembelajaran (authentic assessment). Penerapan standar-standar dalam pembelajaran IPA khususnya empat standar tersebut akan memberikan soft skill berupa karakter siswa, untuk itu sangat diperlukan pembelajaran IPA yang menerapkan standar-standar guna membangun karakter siswa. Siswa yang berkarakter dapat dicirikan apabila siswa memiliki kemampuan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan-keterampilan dan sikap dalam usaha untuk memahami lingkungan.

          Dalam Pedoman Pengembangan Kurikulum Nasional disebutkan bahwa pembelajaran IPA di tingkat SMP dilaksanakan dengan berbasis keterpaduan. Pembelajaran IPA di SMP dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial. Integrative science mempunyai makna memadukan berbagai aspek yaitu domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Secara substansi, IPA dapat digunakan sebagai tools atau alat untuk mengembangkan domain sikap, pengetahan dan keterampilan. Guru IPA juga harus mempunyai kemampuan interdisipliner IPA ditunjukkan dalam keilmuan (pengetahuan). IPA dan juga hubungannya dengan lingkungan, teknologi dan bidang lainnya. Hal ini yang mendasari perlunya guru IPA memiliki kompetensi dalam membelajarkan IPA secara terpadu (terintegrasi), meliputi integrasi dalam bidang IPA, integrasi dengan bidang lain dan integrasi dengan pencapaian sikap, proses ilmiah dan keterampilan. Keintegrasian ini ditunjukkan dari rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Inilah pentingnya guru perlu mempunyai kemampuan dalam merancang rencana dan langkah pembelajaran dalam pembelajaran IPA di kurikulum 2013. Penerapan pembelajaran IPA terpadu sangat membutuhkan peranan dari guru.

Upaya Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran selain dengan melalui pengembangan diri yaitu melalui workshop juga dapat dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam penelitian dan menulis karya ilmiah. Dewasa ini guru kurangnya bidaya menulis dari hasil penelitian yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Penelitian dimulai dari adanya masalah. Masalah dapat dipecahkan bila kita melakukan penelitian. Penelitian dapat dilakukan bila adanya upaya dari guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya di sekolah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masalah PTK harus berawal dari guru itu sendiri yang berkeinginan memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajarannya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. PTK atau Classroom Action Research (CAR) adalah action research yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian Tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan-riset-tindakan…”, yang dilakukan secara siklus, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan.

            Menyikapi dan melatarbelakangi menyongsongnya kurikulum Nasional tersebut dan adanya kewajiban guru dalam melakukan penelitian yang berakar dari masalah yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung melalui PTK, maka Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pakuan telah melakukan Pengabdian Pada Masyarakat melalui Workshop Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru Bidang Studi IPA di wilayah MGMP Kota dan Kabupaten Sukabumi tempatnya di Aula SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi dengan nara sumber Ketua Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pakuan yaitu Prof. Dr. Anna Permanasari, M. Si. dan dosen Program Studi Pendidikan IPA. Pembukaan kegiatan workshop ini dilaksanakan pada Rabu, tanggal 27 Januari 2016 dibuka oleh Kepala SMP Negeri 3 Cibadak Drs. Osad dan dihadiri oleh Ketua MGMP IPA Kota Sukabumi Drs. Rosna Ruhiat, M.Si. dan Ketua MGMP IPA Kabupaten Sukabumi Dedi Kusumardana, S.Pd., M.Pd. Peserta yang hadir para guru IPA wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi dengan berjumlah 89 guru.

            Kegiatan yang sama tersebut dilaksanakan juga di Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 13 Februari 2016 yang bertempat di Aula SMP Negeri 1 Cipanas. Pada Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pakuan Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd., yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Drs. H. Jumiati, M.Pd., dan Ketua MGMP IPA Kabupaten Cianjur Asep Sopandi, S.Pd. dengan jumlah peserta 96 guru-guru IPA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

Akhir dari kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru-guru IPA dalam pembelajaran IPA terpadu sesuai dengan harapan kurikulum dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penelitian dan menulis karya ilmiah melalui PTK.


Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. - See more at: http://www.kopertis12.or.id/2013/04/28/kurikulum-nasional-berbasis-kompetensi-mengacu-pada-kkni.html#sthash.Xe31SFvj.dpuf

Berita Terbaru 

article thumbnailSidang Terbuka Pascasarjana Universitas Pakuan Program Doktor Manajemen Pendidikan yang dipimpin oleh Ketua Sidang Dr.H. Bibin Rubini.,M.Pd besama para guru besar sebagai penguji.Sidang Terbuka Program Doktor Manajemen Pendidikan meluluskan Dian...
article thumbnailPerkembangan IPA dan Teknologi dalam kehidupan masyarakat semakin tak terbendung oleh kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Dalam keseharian memang tidak banyak peserta didik yang menyukai pembelajaran IPA, karena dianggap sukar. Acara...
article thumbnail Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi dan mendorong dalam upaya-upaya pembaharuan segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan hendaknya...
article thumbnailPengembangan pariwisata berbasis alam dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal atau yang kita kenal istilah "ecotourism", kini mulai banyak dilirik berbagai daerah untuk menggaet kunjungan wisatawan, khususnya wisata dari mancanegara. Tidak...
More inKategori Berita  
 
bottom logo

Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S.

Direktur

Drs. H. Eka Suhardi, M.Si.

Wakil Direktur Bid. Akademik

Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd.

Wakil Direktur Bid. Administrasi Umum

Prof. Dr. Soewarto Hardhienata

Ka. Prodi. Manajemen Pendidikan

Dr. Sumardi, M.Pd.

Ka. Prodi. Administrasi Pendidikan

Dr. Yossa Istiadi, M.Si.

Caretaker Prodi. PKLH

Dr. A.Muhamad Asrun, SH., MH.

Ka. Prodi. Ilmu Hukum

Dr. Hari Gursida, SE., MM., Ak.

Ka. Prodi. Manajemen

Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.

Ka. Prodi. Pendidikan IPA

Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S. Drs. H. Eka Suhardi, M.Si. Dr. Griet Helena Laihad, M.Pd. Prof. Dr. Soewarto Hardhienata Dr. Sumardi, M.Pd. Dr. Yossa Istiadi, M.Si. Dr. A.Muhamad Asrun, SH., MH. Dr. Hari Gursida, SE., MM., Ak. Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.
February 2017
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 1 2 3 4

Agenda 

No events

Multi Studio